Breaking News
Loading...
Jumat, 29 April 2016

Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Penyakit Diabetes > Angka peristiwa diabetes di dunia waktu ini sedang sebagai sorotan sebab semakin tinggi setiap tahunnya. Alasan primer penderita diabetes terus semakin tinggi ialah sulitnya untuk mengontrol makanan yg dimakan sehari-harinya. Terlebih bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan utama yg susah mendapat penggantinya. Belum lengkap cita rasanya kalau belum mengonsumsi nasi. Tetapi poly bagi penderita diabetes yg belum sadar bahwa nasi tidak baik dikonsumsi secara terencana. Hal ini dikarenakan nasi putih  memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup tinggi yaitu 88 sampai 89. Indeks glikemik adalah suatu satuan yg menyatakan kadar gula yang terkandung pada makanan. Meningkat suatu GI tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah.

Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Penyakit Diabetes
Pepatah menjelaskan setiap penyakit terdapat obatnya. Begitu juga nasi, terdapat penggantinya yg tentunya lebih sehat. Berikut ialah makanan-makanan sehat pengganti nasi yg perlu kita ketahui beserta.

Beras merah

Jika beras putih tidak baik buat penderita diabetes, maka tidak sama menggunakan beras merah. Beras merah adalah galat satu kuliner pengganti nasi yg relatif dianjurkan. Hal ini dikarenakan beras merah mempunyai GI yang rendah yaitu hanya 50. Selain bisa mengontrol kadar gula dalam darah, beras merah juga kaya akan serat dan  vitamin B. Serat berfungsi buat menaikkan kepekaan sel pada mendapatkan hormon insulin sebagai akibatnya mampu diubah menjadi energi. Sedangkan vitamin B bisa memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya.

Singkong

Singkong adalah asal karbohidrat komplek yg memiliki nilai GI dibawah 55. Tidak hanya itu saja, sama seperti beras merah, singkong jua kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahar di dalam tubuh. Pengelolaan singkong yg simpel akan sebagai daya tarik tersendiri menjadi makanan pengganti nasi.

Talas

Meski tidak sepopuler singkong ataupun beras merah talas jua memilki kandungan vitamin yang sangat akbar. GI yg terdapat di talas jua dibawah nasi putih yaitu 65. Kandungan terbesar pada dalam talas adalah protein serta karbohidrat. Selain dapat mengontrol gula darah, talas pula dapat mencegah resiko gangguan jantung dan  menstabilkan tekanan darah. Talas yg direbus tanpa tambahan apapun terbebas berasal kolesterol dan  tentunya memiliki pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kentang

makanan yg terakhir yang bisa dipergunakan sebagai pengganti nasi artinya kentang. Kendang bisa membentuk energy seperti nasi tetapi kandungan GI nya kentara dibawah nasi. Cara terbaik pada memasak kentang merupakan dikukus ataupun direbus agar zat protein, mineral dan  vitaminya permanen terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar